Sabtu, 13 Desember 2008

Nyalakan kembali Semangat Pancasila


PANCASILA ..... mungkin apabila kita mendengar kata tersebut kita mungkin akan ingat tentang kelima sila yang terkandung di dalam PANCASILA itu sendiri. Sejak dari TK mungkin banyak dari kita yang sudah diajarkan tentang lagu garuda pancasila.
Garuda pancasila Akulah pendukungmu Patriot proklamasi Sedia berkorban untukmu Pancasila dasar negara Rakyat adil makmur sentosa Pribadi bangsakum Ayo maju maju Ayo maju maju Ayo maju maju.

Tetapi bukan lagu yang terpenting buat kita, baik mari kita perdalam tentang Pancasila yang mungkin sejak di bangku Sekolah Dasar sampai dengan perguruan tinggi kita pelajari.

Kata Pancasila terdiri dari dua kata dari bahasa Sansekerta: pañca berarti lima dan śīla berarti prinsip atau asas. Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia berisi :

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab
  3. Persatuan Indonesia
  4. Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawaratan/Perwakilan
  5. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Mungkin kita semua hafal dengan kelima sila tersebut. Tetapi apakah Pancasila hanya sekedar untuk dihafalkan?????Andai kita mau menghayati, mendalami dan mengamalkan sila - sila tersebut betapa hebatnya Negeri Kita Indonesia. Mungkin tindak kriminal bisa ditekan, kerukunan umat beragama bisa tercapai, rakyat sejahtera, pejabat juga tidak melakukan korupsi.

Jiwa pancasila yang ditanamkan dari sejak kita kecil yang kian hari mungkin kian luntur harus kita asah kembali, kita gali kembali agar semangat perjuangan, patriotisme dan semangat pancasila hadir di dalam nafas kita sehari - hari.

Kita harus menanamkan dari diri kita masing - masing tentang pengamalan kelima sila pancasila tersebut. Bukan hal yang mudah memang..........tetapi ada pepatah mengatakan bahwa "didunia ini tidak ada yang mudah tetapi tidak ada yang tak mungkin."

Jadi mari kita perjuangkan kembali semangat pancasila di dalam diri kita. Agar Negara Indonesia dapat bangkit menjadi negara yang makmur sejahtera dan tentram.

Label:

1 Komentar:

Pada Selasa, Desember 16, 2008 , Blogger DUNIANYA PAK GURU mengatakan...

Membaca beberapa posting anda, saya bisa mengambil kesimpulan, mudah-mudahn tidak salah, anda termasuk orang yang idialis, saya senang dan bangga, saya yakin termasuk guru-guru yang telah mendidik anda, semoga anda bisa tetap menegakkan yang benar dan melawan yang bathil, ihklas dalam bertugas sehingga akan menjadikan catatan amal anda dan guru-guru anda, semoga

 

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda